Berita Pajak : Ini Untung Ruginya Pajak Dividen jika dihapuskan !!!

Pajak dividen adalah pemungutan pajak atas laba yang diterima oleh pemegang saham, pemegang polis asuransi, atau anggota koperasi yang mendapatkan bagian hasil usahanya.

Berita Pajak : Ini Untung Ruginya Pajak Dividen jika dihapuskan !!!
https://www.pajak.go.id

Sebelum masuk dalam pembahasan mari mengenal apa itu pajak dividen!

Pajak Dividen adalah pemungutan atau pemotongan pajak yang dikenakan atas laba yang telah diterima oleh pemegang saham, pemegang polis asuransi, atau anggota koperasi yang juga mendapatkan bagian dari hasil usahanya. Jenis dari pajak dividen dan tarif pengenaan PPh dividen itu sendiri yang berlaku pada saat ini adalah PPh Pasal 4 ayat (2) sebesar 10% final apabila dividen diterima oleh orang pribadi didalam negeri. Dan PPh Pasal 23 sebesar 15%, jika diterima oleh Wajib Pajak Badan didalam negeri dan (BUT) Bentuk Usaha Tetap.

PAJAK.MY.ID - Membahas mengenai Omnibus Law Perpajakan yang belum cukup diketahui oleh banyak kalangan masyarakat, memberi penawaran  dikeluarkannya kebijakan baru mengenai penghapusan Pajak Penghasilan (PPh) Dividen didalam negeri maupun diluar negeri.

Dalam aspek kali ini pembahasan tersebut menjadi sebuah kunci pada diskusi virtual yang dikepalai oleh Lokataru Foundation : “Ada tiga hal yang bisa dikritisi dari omnibus laws pajak antara lain penurunan tarif PPh Badan, penghapusan pajak dividen dan penempatan insentif dalam satu wadah aturan hukum, dan juga dengan sistem PPh final 10% untuk dividen yang saat ini berlaku, menjadikan Indonesia memiliki tarif pajak efektif paling tinggi di ASEAN,”  Rabu, (1/7/2020)

Sebenarnya penghapusan PPh Dividen ini dapat dikatakan memiliki dampak positif baik didalam negeri maupun diluar negeri karena penghapusan PPh Dividen sendiri dapat menekankan tarif pajak  yang efektik untuk pelaku usaha yang ada didalam negeri, lalu penghapusan PPh Dividen juga dapat berpotensi untuk menghilangkan pajak berganda dan dapat berkurangnya intensi Wajib Pajak (para pelaku usaha) dalam menghindari pajak.

Namun di sisi lain juga, penghapusan PPh Dividen ini ternyata juga dapat berpotensi menurunkan penerimaan negara. Kemudian, Menurut Bawono penerimaan negara yang hilang harus dapat diantisipasi untuk menjamin keberlangsungan penerimaan dalam pembiayaan pembangunan. Oleh karena itu, penting agar investasi yang dihasilkan dengan relaksasi dapat langsung terasa di sektor riil.