Langkah Mudah dan Cepat Membuat NPWP Pribadi secara Online saat Corona

Langkah Mudah dan Cepat Membuat NPWP Pribadi secara Online saat Corona
sadarpajak.com

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan salah satu identitas seorang Wajib Pajak yang bisa dikatakan sama dengan KTP. Namun, NPWP sendiri dibutuhkan untuk melakukan pelaporan perpajakan. NPWP pada saat ini  juga dibutuhkan sekali untuk pendaftaran diri jika kamu ingin memiliki fasilitas e-Wallet ataupun Kartu Kredit, contohnya seperti Jenius (sarana debit dalam satu kartu). Selain itu, fungsi dari NPWP juga sebagai dokumen pelengkap dalam pengajuan kredit ke Bank, membuat surat izin usaha perdagangan (SIUP), melamar pekerjaan di suatu perusahaan, syarat mengikuti Lelang Proyek Pemerintah, pembelian Produk Investasi, dan syarat membuat rekening Bank.

Semua itu pada intinya, NPWP memiliki peran penting dalam segala aktivitas, dan menjadi salah satu kebijakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang harus dipatuhi dengan baik dan benar.

Jadi bagi yang belum memiliki kartu NPWP, ikuti panduan lengkap membuat NPWP secara online berikut ini :

  1. Masuk pada laman DJP www.pajak.go.id klik pendaftaran  https://ereg.pajak.go.id/daftar
  2. Klik DAFTAR wajib pajak baru yang belum memiliki akun
  3. Masukan akun pendaftaran dengan alamat Email yang anda miliki, kemudian periksa email untuk melakukan verifikasi pendaftaran
  4. Isi Formulir pendaftaran tersebut dengan tepat dan lengkap
  5. Pilih Rekam Formulir kemudian klik Kirim Token 
  6. Masukan Token yang terkirim lewat email saat mengirim permohonan
  7. Periksa status pendaftaran, apabila diterima, kartu NPWP anda akan dikirimkan ke alamat yang tercantum di formulir dalam jangka waktu kurang dari 14 hari
  8. Apabila ditolak, maka Anda harus mengulang proses tersebut karena diindikasikan ada data yang diisikan secara tidak tepat.