Lupa Passphrase Sertifikat Elektronik E-Faktur ? Ini Solusinya

Lupa Passphrase Sertifikat Elektronik E-Faktur ? Ini Solusinya

Pelaku usaha yang termasuk dalam kategori Pengusaha Kena Pajak (PKP) harus memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak dan mendapatkan surat elektronik. Dimana PKP diwajibkan untuk meminta surat elektronik ini paling lama 3 bulan setelah dikukuhkan sebagai  PKP. Sertifikat eletronik sendiri bersifat elektronik dan memuat tanda tangan elektronik serta identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak yang terlibat dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. 


Dalam membuat surat elektronik, PKP akan diarahkan untuk mengisi Passphrase. Passphrase berisikan rangkaian angka dan atau huruf dan atau karakter tertentu yang digunakan untuk menginstall surat elektronik. Namun sangat disayangkan, masih banyak permasalahan mengenai surat eletronik ini. Banyak PKP yang mengalami permasalahan lupa Passphrase, padahal Passphrase sendiri sangatlah vital dalam penggunaan E-Faktur.


Agar tidak semakin banyak permasalahan tersebut,solusi untuk menangani masalah lupa Passphrase atas sertifikat elektronik adalah PKP harus melakukan pencabutan sertifikat elektronik (Revoke) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat PKP dikukuhkan dan melakukan pengajuan ulang sertifikat elektronik. 
Untuk memberikan informasi, berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan ulang Passphrase :
1. Buka web e-faktur.pajak.go.id/login. 
2. Kemudian klik aplikasi E-Nofa Online,dan silahkan masukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan password E-Nofa,lalu klik login.
3. Silahkan klik download sertifikat digital yang terdapat di sebelah kiri layar,lalu klik Ok.
4. Setelah itu,akan muncul informasi terkait masa berlaku sertifikat elektronik,lalu klik Unduh.
5. Kemudian,sistem akan memberikan arahan untuk memasukkan Passphrase,lalu isi menggunakan password baru untuk Passphrase baru dan setelah selesai mengisi password,klik Ok. Setelah diklik Ok,sistem akan secara otomatis mengunduh sertifikat elektronik..
6. Apabila sertifikat sudah terunduh,langkah selanjutnya yaitu lakukan setting ulang sertifikat elektronik pada E-Faktur. 
7. Dan yang terakhir,lakukan penginstallan ulang sertifkat elektronik pada browser agar dapat digunakan untuk menerima nomor seri faktur secara online.


Demikian solusi menangani permasalahan lupa Passphrase. Apabila anda masih kebingungan mengenai langkah-langkah atau kepastian dari pencabutan sertifikat, silahkan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak tempat anda dikukuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa selalu arsipkan password yang sudah didapatkan.