Pendapatan orang pribadi atas sewa dipotong PPh 21 atau PPh 23?

Akan dilakukan pemotongan PPh psal 23 atas Sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta, kecuali sewa dan penghasilan lain yang di kenai PPh pasal 4 ayat (2).

Pendapatan orang pribadi atas sewa dipotong PPh 21 atau PPh 23?

Atas penghasilan tersebut di bawah ini dipotong PPh Pasal 23 oleh pihak yang wajib membayarkan:

sebesar 15% dari jumlah bruto atas dividen, bunga, royalti; dan hadiah, penghargaan, bonus, dan sejenisnya selain yang telah dipotong PPh Pasal  21.


sebesar 2% dari jumlah bruto atas:
sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta, kecuali sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta yang telah dikenai Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2); dan imbalan sehubungan dengan jasa teknik, jasa manajemen, jasa konstruksi, jasa konsultan, dan jasa lain selain jasa yang telah dipotong PPh Pasal 21.

Dalam hal Wajib Pajak yang menerima atau memperoleh penghasilan tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), besarnya tarif pemotongan adalah lebih tinggi 100% (seratus persen) daripada tarif tersebut di atas.

Pemotongan PPh Pasal 23 tidak dilakukan atas:

  • penghasilan yang dibayar atau terutang kepada bank;
  • sewa yang dibayarkan atau terutang sehubungan dengan sewa guna usaha dengan hak opsi;
  • dividen yang bukan Objek PPh dan dividen yang diterima oleh orang pribadi (merupakan objek PPh yang bersifat final);
  • bagian laba yang bukan objek PPh;
  • sisa hasil usaha koperasi yang dibayarkan oleh koperasi kepada anggotanya; dan
  • penghasilan yang dibayar atau terutang kepada badan usaha atas jasa keuangan yang berfungsi sebagai penyalur pinjaman dan/atau pembiayaan yang diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan.

CONTOH KASUS

Tuan budi menyewakan mobilnya ke PT. ABC senilai Rp1.000.000 per 3 hari. Maka pendapatan tuan budi atas sewa mobil tersebut akan dipotong 2% oleh PT. ABC yaitu sebesar Rp20.000.
Ingat bukan dipotong PPh Pasal 21 ya, walaupun penerima pendapatannya adalah orang pribadi.