Provinsi SULSEL Memperpanjang Pemutihan Pajak Kendaraan Sampai 29 September 2020

Provinsi SULSEL  Memperpanjang Pemutihan Pajak Kendaraan Sampai 29 September 2020

PAJAK.MY.ID - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan saat ini kembali lagi mengadakan program pemutihan denda untuk pajak kendaraan bermotor (PKB) yang dimana masa berlakunya tersebut sampai 29 September 2020. Dan program pemutihan ini terdapat dalam Surat Keputusan Gubernur Sulsel Nomor 119/VIII/2020 tentang Pemberian Insentif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di provinsi sulsel. Di dalam surat keputusan gubernur tersebut terdapat  lima jenis insentif  yaitu, sebagai berikut :

  1. Untuk pembebasan denda PKB dan tarif PKB progresif atas kendaraan umum angkutan penumpang. 
  2. Untuk pembebasan denda PKB dan/atau tarif PKB progresif atas kendaraan bermotor yang akan melakukan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) penyerahan kedua dan seterusnya.
  3. Untuk pembebasan denda PKB kendaraan bermotor yang dimana nilai jual kendaraan tersebut di bawah harga Rp150 juta.
  4. Untuk pembebasan denda PKB  kendaraan bermotor mutasi masuk.
  5. Untuk pembebasan tarif progresif kendaraan angkutan barang yang terdaftar atas nama pribadi.

Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan mengatakan program pemutihan ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan dari dampak pandemi Covid-19 di indonesia utamanya terhadap perekonomian masyarakat. Dan program tersebut juga bisa saja diperpanjang kembali untuk ke depannya jika pandemi ini masih belum mereda.

Dikutip dari laman resmi Bapenda Sulsel, Jumat (04/9/2020), beliau mengatakan : “Pokoknya akan kami lihat kondisinya, yang pasti pemerintah hadir tentu akan menjadi support masyarakat. Kami tidak akan hadir untuk menyulitkan masyarakat.”

Kemudian, Dharmayani Mansyur  selaku Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel juga mengatakan bahwa pembebasan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) ini diperpanjang karena mengingat penyebaran Covid-19 di indonesia yang masih  sangat tinggi. Dan kemampuan ekonomi dari warga sulsel juga  sangat menurun sehingga itu semua menjadi pertimbangan dalam pemberian perpanjangan insentif. Bapenda sendiri juga masih menutup sebagian layanan pembayaran pajak secara langsung untuk menghindari terjadinya kerumunan orang.

Dalam perpanjangan program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) ini sangat diharapkan bisa membuat masyarakat menjadi lebih leluasa dalam mengatur waktu pembayaran pajaknya dan di himbau untuk segera mengurus pembayaran pajak karena hanya berlaku sampai 29 September 2020.