Sinyal dari OECD Mengenai Ekonomi Indonesia Mulai Menguat Menjadi Kabar Gembira!!

Sinyal dari OECD Mengenai Ekonomi Indonesia Mulai Menguat Menjadi Kabar Gembira!!
DDTCNews

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) memberikan kabar baik dan  mencatat di negara-negara ekonomi besar, bahwa indikator utama perekonomian atau composite leading indicator (CLI) pada Juli 2020 terus menunjukkan adanya penguatan perekonomian, walaupun posisi CLI pada Juli ini masih lebih rendah dibanding dengan posisi CLI sebelum adanya pandemi Covid-19.

Ditulis OECD dalam keterangan resmi, Selasa (11/8/2020) bahwa "Kenaikan posisi CLI pada Juli ini melanjutkan penguatan pada Juni lalu. Meski demikian, penguatan CLI pada Juli ini jauh lebih lambat ketimbang penguatan CLI pada Juni kemarin."

 

CLI sendiri merupakan indikator yang didesain untuk menyediakan sinyal awal dari titik balik dalam siklus bisnis yang menunjukkan fluktuasi aktivitas ekonomi. CLI membuat data secara bulanan atas 33 negara OECD dan beberapa negara lain. Indikator yang dipakai oleh  CLI  antara lain perkembangan indikator sektor finansial, perkembangan pemesanan dan inventori, survei pelaku usaha, dan perkembangan sektor ekonomi di negara-negara tertentu.

OECD mencatat terdapat peningkatan posisi CLI khusus untuk Indonesia kini cukup signifikan dari Juni ke Juli 2020. Posisi CLI Indonesia pada Juli 2020 tercatat mencapai 94,12, lebih baik dibanding dengan Juni yang berada dilevel 91,71. Apabila dilihat secara bulanan, indikator CLI Indonesia tercatat tumbuh 2,63% dari Juni menuju Juli. Dan pertumbuhan CLI bulan Juli ikni menjadi yang tertinggi dari bulan-bulan sebelumnya yang dapat dikatakan hanya bertumbuh sedikit di atas 0% (mtm).

Akan tetapi, OECD juga mewanti-wanti bahwa perekonomian masih terus dihantui dengan ketidakpastian terutama karena adanya potensi pembatasan sosial lanjutan bila penularan pandemi Covid-19 masih saja terus berlanjut. Dan arah perkembangan dari CLI harus diinterpretasikan dengan hati-hati dan tidak bisa langsung memastikan bahwa perekonomian akan pulih dalam waktu dekat ini.